Laboratorium Terpercaya dengan Layanan Terbaik

Info Terkini

Sekilas Tentang LABKESDA
Diterbitkan pada Rabu, 25 Nov 2015, 05:15

Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi DKI Jakarta pada awalnya merupakan Laboratorium Pengawasan Doping Jakarta (Jakarta Doping Control Laboratory) yang didirikan untuk menunjang program pengembangan dan pembinaan  prestasi olah raga di indonesia dan membantu Komisi Anti Doping Indonesia dalam memutuskan keabsahan prestasi seorang atlet, menegakkan Fair play serta melindungi kesehatan atlet.

Pada tanggal 30 Agustus 1996 Gubernur Provinsi DKI Jakarta yang pada saat itu dipimpin oleh Bapak Surjadi Sudirja meresmikan Laboratorium Pengawasan Doping Jakarta dibawah pembinaan DR. Ray Kazlaukas (ASDTL, Sydney, Australia).

Tugas Laboratorium Pengawasan Doping Jakarta yang ditetapkan dalam Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 685 tahun 1997 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Laboratorium Pengawasan Doping DKI Jakarta yang pertama kali adalah pemeriksaan sampel doping atlet Pekan Olah Raga Nasional ke XIV 9-25 September 1996 di Jakarta sebanyak 1135 sampel.

Pada saat itu Laboratorium Pengawasan Doping Jakarta yang dilengkapi dengan peralatan canggih serta sumber daya manusia yang handal merupakan satu-satunya laboratorium di indonesia yang memiliki kemampuan khusus dalam memeriksa seorang atlet yang baru selesai mengikuti nomor final suatu kejuaraan cabang olah raga atau pada saat pelatihan, apakah menggunakan obat atau minuman yang bersifat doping, sehingga pemeriksaan laboratorium hanya untuk masyarakat olah raga.

Untuk meningkatkan utilitas dan peranan laboratorium serta pengembangan laboratorium agar lebih luas fungsinya sehingga dapat menunjang Program Pemda DKI Jakarta pada umumnya dan Program Dinas Kesehatan pada khususnya maka Laboratorium Pengawasan Doping Jakarta pada tahun 2002 dikembangkan menjadi Laboratorium Kesehatan Daerah yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta berdasarkan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 106 Tahun 2002 Tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta tertanggal 6 Agustus 2002 sehingga layanan laboratorium tidak hanya doping tetapi juga layanan pemeriksaan analisis laboratorium napza, obat, makanan dan minuman, toksikologi, kimia air, hematologi, patologi klinik.

Pada tahun 2009 dilaksanakan perampingan struktur organisasi Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi DKI Jakarta berdasarkan Perda DKI Jakarta No. 10 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah dan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 139 Tahun 2010 Tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Laboratorium Kesehatan Daerah tertanggal 19 Juli 2010.


Labkesda DKI Jakarta

[Lihat Index Video]

Tautan Website

Flag Counter